Minggu, 08 Januari 2012

JOMBLO Karena ALLAH

Virus cinta,bisa lebih dahsyat daipada virus penyakit. Apalagi ketika aktivis dakwah pun diserangnya, berobat ke dokter manapun nggak ada yang mempan. Ada yang mendiagnosa terjangkitnya sering malalui sms ria yang kelewat "hot", keseringan berkordinasi, ataupun karena terlalu "bete" (butuh terhatian). Di usia muda kayak kita, virus ini sering nabrak-nabrak dinding hati. kalau tidak kuat-kuat pertahanan bisa jebol. Padahal cinta setelah married lah yang lebih murni dan menenangkan. So, gimana membendungnya?

Pilih salah satu! Nikah atau banyak puasa
Apa hubungan nikah dan puasa? Untuk yang masih jomblo (belum nikah maksudnya) tentu sangat berhubungan. menikah bisa jadi solusi agar terhindar dari tindakan yang tidak halal (debar-debar, pegang-pegang, sayang-sayang, dll). Kalau belum bisa nikah karena banyak kendala, puasa bisa sangat mengurangi keingiinan untuk mengeksplor perasaan yang tidak bisa dikendalikan. Seperti pesan Rasulullah SAW: "Wahai generasi muda, barang siapa di antara kalian telah mampu, menikahlah! Karena sesungguhnya pernikahan itu dapat menundukkan pandangan mata dan memelihara kemaluan. Dan barang siapa di antara kalian belum mampu, maka hendahlah berpuasa, karena puasa itu dapat menjadi penghalang untuk melawan gejolak nafsu". (HR. Bukhari, Muslim, Ibnu Majjah dan Tirmidzi).

Pacaran adalah sodaranya Zina
tidak ada satu pun ayat Allah SWT atau Hadist Rasulullah SAW yang nyinggung-nyinggung soal bolehnya pacaran. bahkan Rasulullah SAW pernah mengatakan "Lebih baik memegang bara api yang panas daripada menyentuh wanita yang bukan mahram". Dan Allah SWT pun bukan saja menyuruh kita untuk tidak berzina, tapi dekat-dekat saja ngaak boleh. Padahal pacaran jelas sekali menjurus ke perzinahan, buktinya banyak yang hamil duluan. "Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalah perbuatan yang keji dan jalan yang buruk" (QS. Al Isra': 32). Carilah aktivitas yang lebih sehat yang membuatmu tidak terlalu mudah diombang-ambing perasaan. Kalau sibuk dengan kegiatan positif, Insya Allah pikiran tidak akan ngelantur kamana-mana.
Hindari mojok di tempat ramai, apalagi sepi. Mojok disini bukan hanya duduk berduaan lho! Jalan-jalan berdua, sering telepon dan sms-an membicarakan hal yang tidak penting, ataupun bikin pe-er berduaan dengan lawan jenis bisa masuk kategori mojok. Hati-hati, Rasulullah SAW pernah bilang "Janganlah seorang laki-laki dan wanita berkhalwat (berduaan), sebab syaiton menemaninya, janganlah salah seorang dari kalian berkhalwat dengan wanita, kecuali dengan mahramnya". (HR. Imam Bukhari Muslim).

Wahai wanita, tutup aurat dong!
Membantu lawan jenis agar tidak kotor hati dengan tidak berpenampilan merangsang, bisa dapat dua pahala. Pahala menjalankan perintah menutup aurat, dan pahala membantu orang lain. kamu yang cewek nggak mungkin bisa menjaga hati jika sang lelaki tergoda padamu. Allah SWT juga mewanti-wanti: "Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak gadismu, dan istri-istri orang beriman. hendaklah mereka menutup kain kudung ke badan mereka (waktu keluar rumah). Yang demikian lebih memudahkan untuk mengenal mereka dan mereka tidak akan diganggu". (QS. Al Ahzab: 59).

Wahai Pria, jangan jelalatan deh ah!
Tidak semua wanita bisa dihimbau untuk menutup aurat, apalagi yang non-muslim. Jadi kamu yang cowok nih yang harus lebih bisa menahan napas dan mata. Ingat sabda Rasulullah SAW "Hendaklah kita sebenar-benarnya memejamkan mata dan memelihara kemaluan, atau benar-benar Allah akan menutup rapat matamu". (HR. Thabrany).

Jodoh kita pasti sudah ada
jangan takut dan cemas kalau nggak punya pacar. Sudah terbukti seratus persen bahwa pacaran tidak menjamin kita menemukan jodoh. Berbahagialah buat kamu yang menjomblo ikhlas karena Allah. Percayalah jodoh, rezeki, hidup dan ajal sudah ada jatahnya buat kamu. yang harus kamu lakukan adalah: "Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik, dan laki-laki yang baik adalah untuk wabita-wanita yang baik (pula)". (QS. An Nuur: 26). So, kalau mau dapat jodoh yang terbaik, tentu dari sekarang kita harus memperbaiki diri lebih dulu.

Banyak minta sama Allah
kalau masih nggak kuasa juga membendung rasa cintamu pada seseorang, perbanyaklah berdoa terutama di saat berpuasa " Ya Allah, aku berlindung padamu dari ilmu yang tak berguna, dan hati yang tak pernah tenang, dari doa yang tak didengar dan dari perut yang tak pernah kenyang". (riwayat An-Nasa'i). insya allah, Dia tahu yang terbaik dalam menjawab doamu.

Amien





 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar